Selasa, 31 Juli 2012

Karena Kulia di UI Depok Ratusan Orang Asing Ajukan Izin Tinggal


                                  Mahasiswa asing kuliah di kampus UI Depok (Ist)

Depok Pajajaran News

Kurun waktu tujuh bulan ini, sejumlah 542 orang asing ajukan izin tinggal di Kota Depok. Mereka terdiri dari mahasiswa, pekerja, dan keluarga pekerja.  Kebanyakan orang asing tersebut berasal dari Korea dan Jepang," kata  Kepala Seksi Lalu Lintas Status dan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kota Depok, Ahmad Zaini, kepada wartawan Senin (30/1/2012) di kantornya.

 Zaini mengungkapkan, hampir 80 persen orang asing yang datang ke Kota Depok berstatus mahasiswa. Kebanyakan dari mereka kuliah di kampus Universitas Indonesia (UI). Untuk bulan ini saja, kata Zaini, terdapat 65 mahasiswa asing mengajukan izin tinggal. Sebanyak 25 siswa berasal dari Korea, 13 dari Jepang, dan sisanya dari negara-negara lain.

 "Dari bulan Januari sampai sekarang jumlahnya mencapai 387 mahasiswa. Sisanya mereka yang bekerja dan ikut keluarga," ungkapnya.

Menurut Zaini, dipilihnya Kota Depok sebagai kota tujuan pendidikan karena dua negara besar di Asia, seperti Korea Selatan dan Jepang memiliki kerjasama dengan UI. Secara kebetulan, lokasi kampus UI berada di Kota Depok.

 "Kalau tidak salah, mahasiswa-mahasiswa yang datang ke Indonesia kebanyakan memperdalam jurusan sastra," tuturnya.

Sejak 30 Juni sampai 31 Agustus, ujar Zaini, pihaknya sudah melaksanakan pembuatan paspor haji. Untuk tahun 2012 ini, kata dia, kuota haji Kota Depok mencapai 1663. Namun, sampai saat ini baru 347 orang yang mengajukan pengurusan paspor. Dari angka tersebut 321 selesai. Artinya, sudah diserahkan langsung ke pemiliknya. "Sedangkan sisanya belum diambil," ujarnya.

Dia menerangkan, bila dihitung secara prosentase maka mereka yang mengajukan izin pembuatan paspor baru mencapai 25 persen.

 "Saya tidak dapat mengetahui apakah kebanyakan dari mereka sudah membuat paspor haji atau belum," terang Zaini.

Zaini menambahkan, Kantor Keimigrasian Kota Depok telah memberikan pelayanan terbaik bagi warga negara asing.

 "Alhamdulillah tidak ada keluhan dari mereka terkait pelayanan yang diberikan Imigrasi," ucapnya.(Faldi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar