Jumat, 31 Agustus 2012

Pemkot Depok Gelar Halal Bihalal "Pendidikan Masih Terdapat 7401 Anak Tak Sekolah"


Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail memberi sambutan dalam rangka halal bihalal


Depok Pajajaran News
 
Dalam suasana Idul Fitri 1 Syawal 1433 H, Pemeritah Kota Depok mengadakan acara Halal Bihalal tingkat Kota tahun 2012, dengan tema “Dalam suasana  fitri, kita perkokoh silaturahim untuk membangun Kota Depok yang lebih maju & sejahtera, Kamis (30/8/2012) di halaman Balaikota.

Dalam sambutannya Wali Kota Nur Mahmudi Ismail mengungkapkan, dalam rangka mencapai target Millenium Development Goals (MDGs) bidang pendidikan tahun 2015 datang. Di Kota Depok tidak boleh ada lagi anak usia 7 sampai 17 tahun yang tidak sekolah atau tidak memiliki ijazah.  Menurut data lembaga Pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS) masih terdapat 7401 anak usia 7 sampai 17 tahun tidak bersekolah. "Semua harus kita urus agar mereka dapat bersekolah," ungkapnya.

Menurutnya, pada Tahun 2011 Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Depok sebesar 79,49 merupakan  nilai IPM tertinggi se-Jawa Barat. Dan nilai ini masuk dalam kategori IPM yang tinggi diantara negara-negara didunia, sepeti Georgia, Venezuela, Costa Rica dan Malaysia. "Daftar tersebut merupakan nilai IPM negara – Negara yang ditetapkan UNDP, Kota Depok menduduki urutan ke-43 dari 187 negara lainnya, sedangkan Negara Indonesia menduduki urutan 124. Kita harus bersyukur dengan prestasi ini, semoga bisa dipertahankan dan terus ditingkatkan," tutur Orang nomor wahid di Kota Depok itu.

Nur Mahmudi menambahkan, masalah anak putus sekolah bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata, tetapi perlu partisipasi dari  semua. Baik itu  para orang tua, guru, kepala sekolah, UPT Pendidikan, lurah dan camat untuk bekerja keras mendata di tempat masing-masing, menyapa dan meyakinkan agar mereka bersekolah baik di sekolah negeri ataupun sekolah swasta," ujarnya.

Nur Mahmudi juga mengajak para ustad untuk menjadi motivator pendidikan bagi anak-anak serta menghimbau tenaga pendidik untuk manfaatkan DKM-DKM untuk kegiatan belajar mengajar. 

"Semoga kegiatan forum silaturahmi ini dapat menumbuhkan komitmen dan sebuah rumusan melalui motivasi dan dorongan dari para ustad untuk menjadikan Kota Depok yang lebih baik lagi," tandasnya.(Faldi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar