Rabu, 01 Agustus 2012

Polemik KPUD-BKD Memanas Kursi Sekretaris KPUD Depok Dipolitisir


                                       Ketua KPUD Kota Depok M.Hasan (Ist)

 Depok Pajajaran News

Kursi Sekretaris KPUD Depok dipolitisir buktinya polemik antara Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Depok terkait kursi jabatan Sekretaris KPUD semakin memanas. Kendati Sekretaris Jenderal (Sekjen) KPU Pusat telah menunjuk Arif Rusli sebagai pejabat sementara Sekretaris KPUD. 

Namun, langkah tersebut ditolak BKD. Secara diam-diam kepala BKD memanggil seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang diperbantukan di KPUD termasuk Arif Rusli. BKD meminta mereka bersiap-siap untuk dimutasi. BKD bahkan ngotot memajukan tiga nama yakni Aris P, Ferry Birowa, dan Hardiman sebagai pejabat sekretaris KPUD.

 "Arif Rusli sudah resmi ditunjuk Sekjen KPU Pusat sebagai Plt Sekretaris KPUD Depok menggantikan Solohin Yusup Sudarman. Kami berharap semua pihak menghargai keputusan KPU Pusat," kata Ketua KPUD Depok Muhammad Hasan, kepada wartawan Selasa (31/7/2012) di kantornya.

Hasan mengakui, pihaknya sama sekali tidak mengetahui kalau ada pegawai KPUD yang dipanggil BKD. Namun, ia mengingatkan, kalau PNS di lingkungan KPUD tidak boleh dimutasi menjelang dilaksanakannya tahapan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat. "Itu sudah menjadi perintah Menteri Dalam Negeri. Kalau BKD melakukan mutasi saat ini berati telah melanggar," kilahnya.

Menurut Hasan, tahapan Pilgub Jabar sudah dimulai tanggal 4 Agustus 2012 ini. Dimana, dilakukan rekrutman Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Dilanjutkan dengan rekrutman Panitia Pemungutan Suara (PPS). "Sekarang para calon peserta PPK dan PPS sudah mengembalikan folmulir pendaftaran.

Selain itu, KPUD se-Jabar sudah melakukan rapat koordinasi (rakor) Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4). Diperkirakan pemilih di Kota Depok mencapai 1,3 juta. Nanti, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) akan menyerahakn DP4 langsung ke KPU Jabar. "Jumlah pemilih bisa bertambah dan bisa berkurang. Data 1,3 juta hanya data sementara," tuturnya.

Hasan menerangkan, jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam Pilgub mendatang diperkirakan mencapai 2837. Tapi, kata dia, itu semua tergantung dana yang digelontorkan Pemerintah Kota Depok. "Sedangkan Pilgub di mulai 24 Februari 2013," terangnya.

Menurut informasi yang didapat dari staff BKD, bahwa seluruh PNS di lingkungan KPUD dipanggil kepala BKD. Bahkan, PNS setingkat Kasubag diharuskan menghadap setelah BKD mendapat informasi kalau Sekjen KPU Pusat menunjuk Arif Rusli sebagai Plt Sekretaris KPUD.

 "Saya liat PNS KPUD dipanggil menghadap Kepala BKD," ujar salah satu staff tersebut.(Faldi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar